Gerindra Surabaya Gelar Pembekalan Bacaleg

Gerindra Surabaya Gelar Pembekalan Bacaleg

 

 

SURABAYA, Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Kota Surabaya  menggelar pembekalan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Sabtu (12/5) di Nur Pasific, Surabaya. 

Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya, Sutadi mengatakan, pembekalan caleg ini merupakan persiapan Pemilu 2019, Gerindra Surabaya menarhetkan bisa ada kenaikan suara hingga 20 persen lebih. 

"Untuk masing masing dapil kita harapkan bisa dapat 3 kursi," Ujarnya saat ditemui setelah acara, Sabtu (12/5).

Menurut Sutadi, para bacaleg akan melalui tahapan seleksi, diantaranya dari pemenuhan jumlah tim suksesnya bacaleg, setiap bacaleg harus menyiapkan 100 tim, setiap tim  harus tersebar di RT/RW, tersebar di Kelurahan, hingga Kecamatan, sehingga tim itu hanya fokus memilih bacaleg yang bersangkutan. 

"Misalkan saya, saya cukup di Gubeng dan Krembangan, fokus disitu, padahal di dapil saya ada beberapa kelurahan," terangnya. 

Salies Aprilianto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) partai Gerindra Surabaya menambahkan, pada Pemilihan legislatif 2019,

Gerindra telah menyusun segala strategi, dimulai dari penjaringan para caleg, pembekalan hingga fit and propertest sebelum diserahkan ke KPU.

Hingga kini, lanjut Salies,  jumlah bacaleg yang mendaftar di Partai Gerindra telah memenuhi persyaratan. Hanya saja, untuk kuota perempuan masih membutuhkan tambahan. “Kuota perempuan masih sedikit, nanti ditambah lagi hingga 70-80 bacaleg,” ujarnya.

Bapilu juga akan mengambil langkah-langkah teknis dengan melakukan konsolidasi mulai tingkat pengurus PAC, Bacaleg dan berperan aktif memiliki data-data statistik.

“Selain itu kami juga melakukan simulasi dimana dalam pergerakan-pergerakan kami di setiap kecamatan dan ranting kedepannya akan semakin masif,” Ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Surabaya, Nurul Amalia  mengatakan, bahwa persyaratan pendaftaran bakal calon anggota legilatif tidak jauh dari pemilu sebelumnya. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya juga masih menunggu PKPU baru.

“Saat ini ketentuan yang digunkan PKPU No. 7 tahun 2013 tentang pencalonan,” ujarnya.

Nurul memperkirakan, PKPU baru yang mengatur pencalonan akan keluar pada bulan ini. Pasalnya, mulai bulan Juli mendatang sudah mulai dibuka pendaftaran. Sesuai tahapan, 1-2 Juli pengumuman pembukaan pendaftaran, pengajuan calon 4- 17 Juli, proses verifikasi 5- 18 Juli, penyampaian hasil verifikasi 19- 21 Juli,

“Kemudian perbaikan daftar caleg 22- 31 juli. Sedangkan Daftar Calon sementara akan diumumkan 12- 14 Agustus dan penetapan Daftar Calon Tetap, 20 September. Jib