Jatim Nomor Dua Dalam Pengungkapan Pungli

Jatim Nomor Dua Dalam Pengungkapan Pungli Sri Wahyuningsih (kiri) saat menyerahkan cinderamata "Stop Pungli" pada Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf

SURABAYA, kanalsembilan.com - Tim Satgas pengungkapan Pungutan Liar (Pungli) Jawa Timur berhasil mengungkap 89 kasus dengan 175 tersangka pungli hingga 22 Agustus 2017, capaian ini membuat Jatim menempati posisi kedua nasional dibawah Jawa Barat. 

Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Tim Saber Pungli Jatim, Saifullah Yusuf mengatakan, prestasi dari Tim Saber Pungli ini sudah baik untuk melaksanakan pemberantasan pungli di Jatim. Pemprov Jatim juga telah memberikan anggaran khusus bagi Tim Saber Pungli untuk pencegahan, pengawasan dan pembinaan.

"Kita ingin berkurang terus kasus kasus seperti ini. Makanya ini jadi pelajaran," paparnya.

Wakil Ketua I Satgas Saber Pungli Pusat, Irjen Kementrian Dalam Negeri, Sri Wahyuningsih menjelaskan, selain Jawa Timur, Kebanyakan kasus pungli adalah dalam pelayanan publik, seperti perijinan, Dana Desa, Bidang Pendidikan, Dana BOS, dan pungutan pungutan yang lainnya.

Diakui Sri, lembaga yang paling banyak pengungkapan kasus pungli adalah Kementerian Pendidikan, sebab masih sering ditemukan keluhan orang tua siswa atas pungutan-pungutan yang tidak jelas. Selain itu, Kementerian Agraria juga demikian, banyak retribusi diluar ketentuan yang dikeluhkan masyarakat.

"Intinya pungutan liar itu semakin berkurang, boleh dibilang hilang sama sekali, itu harapan terakhir," ujarnya. Jib