Pemprov Jatim Dorong Kabupaten/Kota Terus Berinovasi

Pemprov Jatim Dorong Kabupaten/Kota Terus Berinovasi

SURABAYA, kanalsembilan.com - Pemerintah Provinsi menilai masyarakat merindukan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Sehingga seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur harus terus berinovasi meningkatkan pelayanan publik.

Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Ahmad Sukardi mengatakan, salah satu upaya pelayanan publik adalah lewat pelayanan berbasis teknologi informasi (TI). TI membuat pelayanan kian transparan, cepat, efektif, dan efisien. “Pelayanan yang cepat akan mendatangkan investasi. Masyarakat pun senang jika berurusan dengan layanan baik perijinan maupun pengurusan surat lain,” ujarnya di sela Rakor pelayanan publik di Surabaya, Selasa (13/3).

Sukardi menjelaskan, setiap tahunnya Pemprov Jatim mengikutsertakan berbagai inovasi pelayanan publik ke pemerintah pusat, tak heran jika pada tahun 2017, dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, Jatim menempatkan enam inovasi, bahkan tahun sebelumnya sempat  menempatkan 14 inovasi.

Di pelayanan kesehatan misalnya, ada HP Solusi Anak Berkebutuhan Khusus yang dilaksanakan oleh RSJ Menur Surabaya. Di layanan itu, tenaga medis mendatangi anak berkebutuhan khusus serta keluarga, bukan sebaliknya.

Lalu ada inovasi Karet Tali Pusat RSSA Saiful Anwar. Dengan inovasi ini, tali pusar diikat karet infus jenis tertentu untuk menghentikan perdarahan serta mengurangi tingkat kematian bayi.

"Sektor kependudukan, pendidikan dan lainnya juga terus berinovasi. Ini harus dipertahankan di Jatim," tandasnya. Jib