Ridwan Hisjam Akhirnya Nyagub

Ridwan Hisjam Akhirnya Nyagub Ridwan Hisjam saat menghadiri dialog kebangsaan di Surabaya Minggu (30/7)

SURABAYA, kanalsembilan.com - DPD Partai Golkar Jawa Timur menutup pendaftaran bakal calon gubernur Jawa Timur pada Sabtu (19/8), yang menarik muncul nama politisi senior Golkar Ridwan Hisjam dari 5 bakal calon gubernur yang mendaftar lewat partai beringin itu.

Ridwan Hisjam bakal bersaing dengan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio (mantan Pangdam I Bukit Barisan), Kombes Pol Syafiin (mantan Kepala Biro Umum Sekretaris Militer Kemensesneg) dan Nurwiyatno (Inspektur Jawa Timur). Kelima nama tersebut mendaftar lewat partai Golkar.

“Saya sudah mengembalikan formulir pendaftaran bakal Cagub Jatim. Dengan pendaftaran ini sebagai wujud ikhtiar dan tim kami terus bergerak," ujar Ridwan sebagaimana pesan yang ia kirim ke kanalsembilan.com.

Ridwan bukan lagi sosok asing bagi masyarakat Jawa Timur, sebab mantan Ketua DPD Golkar Jatim itu pernah Nyagub pada Pilgub Jatim 2008 silam sebagai calon wakil gubernur dari politisi PDIP Sutjipto. Meski saat itu Ridwan tidak diusung langsung partai Golkar, namun Ridwan mampu mengantongi suara terbesar ketiga dari 5 pasangan Pilgub Jatim yang bersaing.

Dalam beberapa bulan terakhir, Ridwan juga sering tampak menghadiri berbagai kegiatan di wilayah Jatim, ia disebut telah bergerilya dan memetakan kembali basis dukungannya. Namun Ketua Departemen pemenangan Golkar Jatim ini menyerahkan sepenuhnya kepada DPD Golkar Jatim untuk memutuskan siapa yang bakal diusung partai kuning itu. 

“Semua diberikan hak dan kebebasan untuk mendaftar ke sejumlah partai sebagai kendaraan politiknya,” jelasnya.

Ridwan tak mempermasalahkan banyak non kader Golkar yang ikut mendaftar, sebab banyaknya calon itu menandakan demokrasi di Jawa Timur berjalan dengan baik. 

“Bersama masyarakat kita ingin membangun Jatim dengan semangat gotong royong, semangat kerelawanan, karena ini lah karakter masyarakat Jatim,” ucapnya.

Ridwan merupakan politisi senior Golkar Jawa Timur. Dirinya menjadi anggota DPR RI sejak 1999 hingga sekarang. Ia pernah menjadi anggota Komisi III, Komisi V, Komisi VIII dan sekarang Komisi X DPR RI. 

Selain sebagai politisi, Ridwan juga pernah memimpin Realestat Indonesia (REI) Jawa Timur, Persatuan Insinyur Indonesia Jawa Timur hingga ketua HIPMI Jatim. Jib