Sebanyak 16 CJH Embarkasi Surabaya Dipastikan Tidak Berangkat

Sebanyak 16 CJH Embarkasi Surabaya Dipastikan Tidak Berangkat Jamaah Calon Haji ketika di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.(zainuddin).

SURABAYA-kanalsembilan.com

Sebanyak 16 Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya dipastikan tidak berangkat pada musim haji kali tahun ini akibat berbagai hal, diantaranya meninggal dan hamil.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Achmad Faridul Ilmi di Surabaya, Senin (7/8)  mengatakan, untuk jamaah yang mengalami permasalahan kesehatan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Haji Sukolilo Surabaya, sedangkan ibu hamil dipastikan tidak berangkat sesuai larangan pemerintah Arab Saudi.

“Dari 16 orang tersebut, 12 di antaranya meninggal dunia sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Sedangkan empat lainnya dinyatakan hamil muda. 12 CJH yang meninggal, dua di antaranya meninggal di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan 10 lainnya meninggal dunia di rumahnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, empat CJH yang tengah hamil tersebut ditunda keberangkatannya hingga musim haji tahun depan atau 2018. “Tahun depan jamaah akan diperiksa lagi sampai dinyatakan siap jasmani dan rohani,” tuturnya.

Untuk diketahui, PPIH Embarkasi Surabaya mencatat sebanyak 12.025 CJH asal Jawa Timur telah diberangkatkan ke Tanah Suci mulai Jumat (28/7) hingga Sabtu (6/8). Hingga Kelompok Terbang  (Kloter) 27 yang telah diberangkatkan, jemaah calon haji berasal dari Kabupaten dan Kota Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek, Kabupaten dan Kota Blitar, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Kabupaten dan kota Madiun, Pacitan, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Jember, serta sebagian asal Surabaya sebagai kota penyangga.

Dari 27 penerbangan, 23 kloter mendarat di bandara Madinah lebih cepat daripada estimasi waktu penerbangan awal, satu kloter sesuai dengan estimasi dan tiga kloter sempat mengalami sedikit keterlambatan.Kloter 28 sampai 31 berangkat Minggu (5/8) kemarin , kemudian kloter 32- 34 asal Kabupaten Situbondo (445 orang), Bondowoso (698 orang), dan Kota Surabaya (192 orang) telah masuk Asrama Haji Sukolilo Minggu kemarin. Hari ini mereka diterbangkan menuju tanah Suci Mekkah. (zainuddin).