Sejumlah Anggota DPRD Berganti Posisi

Sejumlah Anggota DPRD Berganti Posisi Wakil ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar saat ditemui awak media di ruangannya

SURABAYA, kanalsembilan.com - Pemilukada yang melibatkan sejumlah anggota DPRD Jawa Timur, turut merubah posisi sejumlah anggota dewan. Sebab, anggota dewan yang maju di Pilkada serentak bakal meninggalkan jabatannya pada 12 Februari nanti.

Ketua Komisi C DPRD Jatim yang sebelumnya dijabat Thoriqul Haq yang maju sebagai calon bupati Lumajang resmi digantikan Hj Anik Maslachah dari FPKB, Anik sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi B. Sedangkan posisi Anik Maslachah sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim akan digantikan Hj Aisyah Lilia Agustina yang sebelumnya hanya menjadi anggota Komisi B.

“Pengganti Thoriqul Haq di pimpinan Komisi C adalah Hj Anik Maslachah. Sedangkan pengganti Wakil Ketua Komisi B dari FPKB adalah Hj Aisyah Lilia Agustina, ” ujar Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar usai memimpin rapat pergantian pimpinan Komisi C dan B, Senin (29/1).

Selain perubahan pimpinan komisi-komisi, kata politisi asal Partai Demokrat sejumlah anggota DPRD Jatim yang duduk dalam alat kelengkapan dewan juga ikut berubah. Dicontohkan Iskandar, Hj Anisah Syakur yang sebelumnya menjadi anggota Komisi E pindah menjadi anggota Komisi C DPRD Jatim. Anisah Syakur juga menjabat sebagai Ketua FPKB DPRD Jatim menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang Thoriqul Haq.

Menurut Iskandar yang berasal dari Sumenep Madura ini, ada lima orang  anggota DPRD Jatim yang maju Pilkada serentak 2018. Di antaranya, Badrut Tamam (FPKB) sebagai Cabup Pamekasan, Thoriqul Haq (FPKB) sebagai Cabup Lumajang, H Rofik (FPPP) sebagai Cabup Lumajang, Yusuf Rohana (FPKS) sebagai Cawali Kota Madiun, H Hisan (FPD) sebagai Cabup Sampang.

“Ke limanya sudah mengajukan surat pengunduran diri tapi persetujuan dari pimpinan DPRD Jatim masih dalam proses menunggu proses penetapan pasangan calon dari KPU Jatim,” Ungkap politisi Partai Demokrat Achmad Iskandar ini. Jib