Toyota Luncurkan Fortuner TRD untuk Pasar Jatim

Toyota Luncurkan Fortuner TRD untuk Pasar Jatim Area IV GM PT TAM Dharmawan Halim (kiri) menunjukkan Fortuner TRD yang baru diluncurkan Jumat (11/8) di Surabaya

SURABAYA, kanalsembilan.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai memperkenalkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) barunya Fortuner TRD untuk pasar Jawa Timur, Jumat (11/8). Varian anyar ini memiliki 8 pembaruan dibandingkan seri sebelumnya.

Toyota Fortuner TRD mengalami perubahan yang cukup signifikan, diantaranya perubahan new rear disc brake (rem cakram di roda belakang) dari sebelumnya yang hanya tromol, ini membuat berkendara semakin aman dan performa saat berhenti pun bisa lebih baik. Selain itu disematkan pula new smart cruise control yang semakin memudahkan pengendara.

Kemudian, dia juga mendapat corak pada body untuk menguatkan kesan sporty dan ubahan di buritan. Desain baru pada grille dan bumper depan, serta pada rear bumper dan emblem sportivo disertai stiker sportivo.

Lalu cover froglamp berwarna hitam, pada sisi kaca spion dibuat auto folding mirror. Dan terakhir pada rodanya disematkan new alloy wheel kombinasi antara gaya dan performa.

Varian TRD Sportivo ini hadir dalam dua tipe Fortuner juga, yakni 2.4 VRZ dan 2.7 SRZ.  “TRD Sportivo lebih mahal Rp 19 juta dibandingkan tipe VRZ,” ujar Hendra Purnawan, Operation Manager Auto 2000 Jatim.

Menurut Hendra, pada tahun 2016 Fortuner menguasai pasar SUV (high) di Jatim sebesar 39,9% atau terjual 2.733 unit dari total market SUV sebesar 6.848 unit.

Sementara sejak awal bulan hingga Juni 2017, lanjut Hendra, Fortuner mampu memimpin di pasar sebesar 43,7%, atau terjual 1.317 unit dari total market SUV yang berjumlah 3.011 unit. Hadirnya varian baru ini diyakini bakal mendongkrak pasar SUV Toyota di Jatim.

Area IV General Manager TAM, Dharmawan Halim menambahkan, Fortuner TRD ini lahir berdasarkan riset atas keinginan konsumen di Indonesia.

Meski begitu, lanjut Dharmawan, TAM masih memperioritaskan pasar ekspor di bandingkan pasar lokal, sebab di Thaland misalnya, Fortuner pasarnya diatas 70%, sementara di Timur Tengah bahkan mencapai 90% market SUV andalan Toyota ini, belum lagi negara seperti Filipina dan lainnya.

"Karena lagi booming di luar, jadi kemampuan suplai kita ke dalam negeri tidak bagus," jelas dia.

Namun Dharmawan optimistis, lahirnya Fortuner TRD kali ini akan dibarengi dengan suplai produk yang mencukupi. Jib