Uji Tipe Kendaraan Kini Bisa Diakses Online

Uji Tipe Kendaraan Kini Bisa Diakses Online Prosesi launching SRUT online di Surabaya Rabu (6/10)

SURABAYA, Kanalsembilan.com - Pelaku usaha karoseri Jawa Timur kini semakin dimanjakan, pasalnya mereka tak perlu mengurus sertifikasi registrasi uji type (SRUT) bagi kendaraannya ke Jakarta lagi, kini sudah bisa dilakukan secara online.

Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan, layanan SRUT online ini akan memudahkan pengusaha karoseri dan memangkas waktu serta biaya yang terbuang selama ini.

 "Lewat online ini, Pengusaha cukup di tempat. Petugas hanya sekali turun untuk mengecek kendaraan sudah sesuai apa tidak," ujarnya.

Menurut Wahid, layanan ini lebih cepat dan tepat waktu, semua proses bisa dipantau secara online. Selain itu juga lebih murah karena pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transpot dan akomodasi ke Jakarta. Serta terjangkau oleh semua pihak, karena bisa diakses lewat android masing-masing.

Diakui Wahid, saat ini ada sekitar 118 perusahaan karoseri di Jatim, namun yang aktif hanya sekitar 80an, sementara jumlah kendaraan yang diajukan sertifikasinya tiap bulan mencapai 1.600 kendaran. Angka ini belum ditambah provinsi lain yang juga sama-sama ingin mengurus SRUT ke Jakarta. Bisa dibayangkan bagaimana antrian panjang yang harus dihadapi pengusaha demi mendapatkan SRUT saja. Melalui SRUT online, semua tugas yang selama ini dikerjakan Kemenhub Jakarta akan dilaksanakan oleh Dishub Jatim.

"Jatim adalah provinsi pertama yang menggunakan layanan SRUT online ini, semoga provinsi lain juga melakukan," jelasnya.

Direktur sarana Kemenhub Edi Gunawan menambahkan, layanan SRUT ini akan dilaksanakan Dishub Jatim hingga Desember nanti, setelah itu tugas ini akan berangsur beralih ke balai.

"Sebab petugas di Balai perlu belajar dulu ke Dishub, agar peralihan tugas bisa sukses," jelasnya. Jib