Visa Jamaah Calon Haji Sudah Selesai

Visa Jamaah Calon Haji Sudah Selesai Drs. H Samsul Bahri M.Ag. Kepala Kanwil Kemenag Jatim.(zainuddin).

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim, Syamsul Bahri menegaskan tidak benar jika ada Visa jamaah calon haji yang belum dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi.

"Tidak benar jika ada Visa jamaah asal Kabupaten Kediri yang belum keluar, karena visa sudah dikeluarkan hanya saja saat ini posisi masih di Jakarta," kata Syamsul saat dikonfermasi tentang visa 176 jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri yang belum keluar Jumat (28/7).

Menurutnya, secara administrasi, Jamaah haji Jatim telah memenuhi syarat sehingga tidak ada alasan untuk tidak berangkat. "Ini hanya miskomunikasi saja, mereka memang tindak berangkat hari ini tetapi akan berangkat dengan kloter berikutnya," ungkapnya.

Seperti diberikan sebelumnya, Pembimbing dan Ketua Rombongan Jamaah Kloter 1,2,dan3 Kabupaten Kediri, Saiful Huda sempat menyampaikan kepada sejumlah awak media bahwa, dari seluruh jamaah yang dipimpinnya, ada 176 visa jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri belum dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Masing masing terdiri dari, 53 visa jamaah kloter 1, 76 visa jamaah kloter 2, dan 47 visa jamaah kloter 3. Belum turunnya visa tersebut, karena Pemerintah Arab Saudi menyesuaikan dengan pengajuan yang dilakukan Kementerian Agama RI.

"Karena sistem haji yang dilaksanakan bertahun tahun ini sistemnya adalah berjalan. Sehingga jamaah yang melunasinya ditahap kedua, kebanyakan tertunda, belum keluarya," terangnya.

Meski tertunda, lanjut Saiful, para jamaah tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena turunnya visa hanya soal waktu saja, "Kami  harap jamaah sabar karena mereka tetap berangkat haji pada tahun ini. Mereka akan diberangkatkan bersama kloter 4, 5 atau 6," imbuhnya. (